Sukses

Rupiah Akhir Pekan Menguat 18 Poin

Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antar bank Jakarta menguat 18 poin menjadi Rp 8.697 dibandingkan posisi terakhir sebelumnya diposisi Rp 8.715.

Liputan6.com, Jakarta: Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antar bank Jakarta pada akhir pekan sore ini bergerak melanjutkan penguatan sebesar 18 poin menjadi Rp 8.697 dibandingkan posisi terakhir sebelumnya diposisi Rp 8.715.

Analis Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih di Jakarta, Jumat (1/4) mengatakan, dengan posisi sekarang perkiraan untuk BI Rate yang akan dibicarakan dalam Rapat Dewan Gubernur 12 April nanti tampaknya akan dapat bertahan di 6,75 persen.

"Kendati ekspektasi inflasi masih cukup tinggi terutama karena antisipasi rencana pemerintah mengenai kebijakan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidinya, tetapi penguatan nilai tukar rupiah membantu mengurangi aktual inflasi," kata dia.

Ia menambahkan, di tengah pasar Indonesia yang masih menjadi incaran investor asing, diperkirakan modal asing masih akan masuk dan berpotensi membuat nilai tukar rupiah terus menguat hingga ke level Rp 8.500 per dolar AS.

"Kendati minat asing diperkirakan masih tinggi, tetapi pemerintah menunda penerbitan obligasi global yang rencananya dibuka pada Maret-April ini terkait dengan kekawatiran penyerapan pasar paska penerbitan obligasi global Filipina 22 Maret lalu," kata dia.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini