Sukses

Rupiah Turun Tipis Dua Poin

Kurs mata uang Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di pasar spot antarbank Jakarta pada Selasa 98/3) pagi melemah sebesar tipis 2 poin ke posisi Rp8.790 dibanding sebelumnya yang sebesar Rp8.788.

Liputan6.com, Jakarta: Kurs mata uang Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di pasar spot antarbank Jakarta pada Selasa 98/3) pagi melemah sebesar tipis 2 poin ke posisi Rp8.790 dibanding sebelumnya yang sebesar Rp8.788.

"Kendati rupiah pagi ini sedikit bergerak negatif, namun rupiah masih berada dalam posisi yang masih stabil," kata pengamat pasar uang Cece Ridwan di Jakarta, Selasa (8/3). Ia menambahkan, fundamental ekonomi Indonesia yang diekspektasikan akan tumbuh pada tahun ini lebih besar dibanding 2010 menjadi penyebab pergerakan rupiah pada hari ini diprediksi menguat. Selain itu, lanjut dia, tren membaiknya fundamental ekonomi Indonesia, menjadi pemicu dana asing akan masuk ke dalam negeri (capital in fow) di 2011 dan dapat akan lebih deras dibanding tahun sebelumnya.

Pengamat pasar uang Lana Soelistianingsih menambahkan, nilai tukar rupiah akan melanjutkan penguatan kendati mata uang Asia lainnya justru melemah. Ia menambahkan, hal yang sama juga terjadi pada bursa Asia yang ditutup cenderung melemah tetapi indeks harga saham gabungan (IHSG) justru menguat, ditutup naik pada pagi ini. "Sentimen positif terhadap Indonesia tampaknya akan membuat penguatan mata uang rupiah berlanjut pada perdagangan hari ini," katanya. (Ant/ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini