Sukses

Rupiah Menguat ke Level 8.800

Kurs mata uang rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Senin (28/2) pagi, menguat 14 poin ke posisi Rp 8.828 dibanding sebelumnya Rp 8.842.

Liputan6.com, Jakarta: Pergerakan rupiah terus menguat menuju level Rp 8.700. Kurs mata uang rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Senin (28/2) pagi, menguat sebesar 14 poin ke posisi Rp 8.828 dibanding sebelumnya yang sebesar Rp 8.842.

Pengamat pasar uang dari Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih mengatakan, penguatan rupiah bersamaan dengan penguatan mata uang Asia lainnya terbantu oleh redanya reli minyak mentah di tengah berkurangnya kecemasan kerusuhan Libya. "Redanya reli minyak dan penguatan mata uang di beberapa negara Asia membuat rupiah melanjutkan penguatan," katanya.

Ia menambahkan, pernyataan pemerintah yang mensinyalkan penundaan untuk yang kedua kalinya rencana untuk membatasi bahan bakar minyak subsidi yang sedianya akan dimulai pada 1 April mendatang dengan alasan tidak siap. "Pembatasan BBM bersubsidi akan membuat harga-harga dipastikan naik dan bisa membuat inflasi juga akan naik," katanya.

Ia menambahkan, di tengah sentimen global yang kurang kondusif terhadap pemerintahan yang tidak mampu mengontrol inflasi, penundaan rencana ini cukup tepat, apalagi rencana itu akan menghemat sekitar Rp 3,2 triliun.

Tetapi disisi lain, lanjut dia, penundaan ini juga tidak banyak menolong tekanan inflasi karena sifat penundaan adalah sementara dan pedagang terus mengantisipasi rencana kenaikan ini dengan menaikkan harga secara perlahan.

Ia menambahkan, rupiah akan terus bergerak menguat seiring kembalinya optimisme investor asing masuk ke pasar saham Indonesia yang ditandai dengan ekspektasi kinerja emiten yang positif. "Pergerakan rupiah dari hari ke hari yang menunjukkan penguatan, mencerminkan prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia yang positif," katanya.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.