Sukses

Rupiah Rabu Pagi Menguat 20 Poin

Kurs mata uang rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta Rabu pagi (16/2) menguat 20 poin ke posisi Rp8.902 dibanding sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta: Kurs mata uang rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta Rabu pagi (16/2) menguat 20 poin ke posisi Rp8.902 dibanding sebelumnya.

Pengamat pasar uang, David Sumual mengatakan, menguatnya rupiah pagi ini memberi dampak positif yang mencerminkan dana asing masih berada di dalam negeri. "Indeks saham Bursa Efek Indonesia (BEI) yang melemah disebabkan sebagian investor mengalihkan dananya dalam bentuk rupiah sehingga membuat rupiah menguat, hal itu menunjukkan tidak terjadi keluarnya dana asing dari dalam negeri (capital outflow)," katanya.

Ia menambahkan, melemahnya dolar AS terhadap rupiah menunjukkan bahwa prospek pertumbuhan ekonomi Asia termasuk Indonesia ke depan akan lebih baik.

David mengatakan, pertumbuhan ekonomi AS yang sedikit melambat karena data penurunan kredit rumah menjadi sentimen negatif dolar AS terhadap Rupiah. "AS khawatir dengan sektor perumahan yang pencatatan kreditnya belum meningkat, hal itu menunjukkan pertumbuhan AS sedikit masih lambat. Kendati data pengangguran AS turun hingga sembilan persen," ujarnya.

Suku bunga kredit untuk perumahan di AS menurutnya mulai meningkat dalam 10 bulan terakhir. Suku bunganya naik disertai "down payment" untuk kredit baru sebesar 20 persen dari nilai pinjaman. "Kenaikan suku bunga tersebut, akan mengurangi kemampuan beli masyarakat sehingga dapat memperlambat pemulihan di sektor perumahan," kata David. (ANT/MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini