Sukses

Rupiah Menguat Tipis

Faktor teknikal membuat pergerakkan mata uang dalam negeri (Rupiah) terus menuai posisi positif, ditambah mulai masuknya kembali investor asing ke pasar modal Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta: Faktor teknikal membuat pergerakkan mata uang dalam negeri (Rupiah) terus menuai  posisi positif, ditambah mulai masuknya kembali investor asing ke pasar modal Indonesia. Kurs Rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta pada Jumat (4/2) pagi menguat tipis sebesar 3 poin ke posisi Rp9.022 dibanding pada posisi rupiah sebelumnya yang berada di posisi Rp9.025. "Salah satu pemicu penguatan rupiah adalah faktor tehnikal, sebelumnya rupiah terus tergerus mengalami tren bearish (pelemahan), saat ini rupiah berbalik arah," kata analis bidang sekuritas, Wim Alfatih di Jakarta, Jumat (4/2).

Ia menambahkan, rupiah sudah mulai masuk tren bullish (penguatan) kendati pergerakkan mata uang dalam negeri ini masih dalam kisaran sempit. Selain itu, lanjut dia, negara-negara berkembang dikawasan Asia termasuk Indonesia kembali menjadi saasaran tempat investasi, terutama di pasar modal.

"Kembali masuknya investor asing ke pasar Asia termasuk Indonesia yang menjadi target investasi memberi kontribusi pada penguatan rupiah," kata Wim. Ia mengatakan, ekspektasi pertumbuhan Indonesia yang optimis akan tercapai mendorong pelaku pasar asing datang ke dalam negeri.

Ia menambahkan, indeks harga saham gabungan (IHSG) yang terus menguat, turut memberi kontribusi bagi pergerakan mata uang dalam negeri. Rupiah menguat dipicu investor asing kembali membeli lebih banyak saham lokal dibandingkan yang jual dalam beberapa hari. (Ant/ARI)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.