Sukses

Rupiah Melemah Sepuluh Poin

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat melemah 10 poin menjadi Rp 9.045 - Rp9.055 per dolar. Melemahnya rupiah dikarenakan pelaku pasar masih melepas mata uang lokal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta: Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat di pasar spot antarbank Jakarta, Kamis (23/12) petang, melemah 10 poin menjadi Rp 9.045 - Rp9.055 per dolar. Melemahnya rupiah dikarenakan pelaku pasar masih melepas mata uang lokal tersebut.

Pengamat pasar uang Edwin Sinaga mengatakan, aksi lepas rupiah sudah diperkirakan lantaran faktor eksternal yang masih negatif. "Namun, aksi lepas rupiah tidak besar karena sebagian pelaku sudah meninggalkan pasar," kata direktur utama PT FInan Corpindo Nusa itu di Jakarta.

Edmin menambahkan, pasar uang saat ini didominasi aksi lepas rupiah yang dilakukan sebagian pelaku pasar kecil. Sedangkan pedagang besar sudah meninggalkan tempat pada Kamis siang. Akibatnya, menurut dia, aktivitas perdagangan di pasar uang relatif sepi.

Menurut Edwin, rupiah meski terkoreksi kemungkinan tidak jauh dari posisi Rp 9.000 sampai Rp 9.100 per dolar. "Kami optimistis rupiah masih berada dalam kisaran Rp 9.000 sampai Rp 9.100 per dolar," ucapnya.

Faktor fundamental ekonomi Indonesia yang makin kuat, lanjut dia, merupakan faktor utama yang menahan pergerakan rupiah terpuruk lebih jauh. "Pelaku asing masih menunggu peluang yang baik untuk masuk ke pasar membeli rupiah," ujar Edwin.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2011 yang diperkirakan mencapai 6,4 persen merupakan alasan bagi asing untuk tetap berada di pasar domestik. "Pelaku asing akan masuk pasar apabila momen untuk membeli rupiah memang sudah waktunya," kata Edwin.(ANT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini