Sukses

Rupiah Pagi Bertahan di Atas Rp9.000 Per Dolar

Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Selasa pagi (30/11) cenderung stabil, namun masih berada di atas level Rp9.000 per dolar.

Liputan6.com, Jakarta: Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Selasa pagi (30/11) cenderung stabil, namun masih berada di atas level Rp9.000 per dolar, meski mata uang asing itu di pasar regional menguat.

Saat ini, rupiah bertahan pada posisi Rp9.010-Rp9.020 per dolar AS.

Rupiah sulit bergerak naik, meski sejumlah pelaku pasar berminat ingin melepas dolar untuk merealisasikan keuntungan, demikian kata analis bidang valuta asing, Rully Nova.

Dolar sebelumnya mengalami kenaikan cukup tajam terhadap rupiah yang terpicu oleh kekhawatiran atas krisis keuangan di Eropa.

Pelaku pasar, menurut Rully ragu-ragu untuk melepas dolar karena mata uang AS di pasar regional menguat hingga menembus level Rp9.000 per dolar.

"Kami optimis rupiah akan kembali tertekan karena faktor eksternal kembali melemah," ujarnya.

Kenaikan dolar AS terhadap euro dan yen, merupakan faktor utama yang menekan rupiah, namun fundamental ekonomi makro Indonesia yang makin solid menahan berlanjut gejolak aksi lepas rupiah.

Pelaku pasar menurut Rully masih menunggu laporan Badan Pusat Statistisk (BPS) mengenai laju inflasi Nopember 2010, yang diperkirakan akan lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya. Akibatnya, pelaku hati-hati melakukan transaksi perdagangan di pasar uang. Apabila laju inflasi Nopember meningkat, maka rupiah akan kembali tertekan.

Lebih lanjut ia mengatakan, posisi rupiah di atas Rp9.000 per dolar merupakan keinginan pemerintah yang telah meminta Bank Indonesia (BI) melakukan intervensi pasar, namun mata uang lokal itu terpuruk oleh merosotnya faktor eksternal. (ANT/MLA)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini