Sukses

Rupiah Kamis Pagi Naik Delapan Poin

Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Kamis pagi (28/10) naik delapan poin menjadi Rp8.930-Rp8.940 per dolar AS.

Liputan6.com, Jakarta: Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Kamis pagi (28/10) naik delapan poin menjadi Rp8.930-Rp8.940 per dolar AS dari penutupan hari sebelumnya Rp8.938-Rp8.948 per dolar AS.

Kenaikan rupiah terhadap dolar terjadi karena pelaku melepas dolar untuk meraih keuntungan, demikian analisa Pimpinan sebuah lembaga keuangan swasta, Irfan Kurniawan.
 
"Faktor yang mendorong rupiah menguat hanya karena fundamental ekonomi makro Indonesia yang makin kuat," katanya.

Kalau melihat dolar AS di pasar global menguat, menurut dia rupiah seharusnya kembali bergerak turun, namun pelaku pasar lebih melihat fundamental ekonomi makro Indonesia yang positif tersebut.

Dolar AS terhadap euro naik menjadi 1,3767 dari sebelumnya 1,3857 dan Greenback terhadap yen menjadi 81,75 dari 81,43.

Irfan menjelaskan, penguatan dolar itu terjadi, karena ketidakpastian Amerika Serikat mengenai dana paket stimulus yang dilepas ke pasar untuk mendorong pertumbuhannya lebih moderet.

Ia memprediksi, kenaikan rupiah yang hanya didukung aksi lepas dolar kemungkinan tidak berlangsung lama, pelaku bisa saja kembali membeli dolar menyusul menguatnya mata uang asing itu.

"Kami khawatir rupiah akan kembali terpuruk, karena di pasar belum muncul faktor positif yang mendorong," kata Irfan. (ANT/MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini