Sukses

Rupiah Turun Jadi Rp8.937

Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Jumat sore (22/10) turun sembilan poin menjadi Rp8.937-Rp8.947 per dolar AS.

Liputan6.com, Jakarta: Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Jumat sore (22/10) turun sembilan poin menjadi Rp8.937-Rp8.947 per dolar AS.

Direktur Currency Management Group, Farial Anwar di Jakarta, mengatakan, koreksi harga terhadap rupiah makin kuat karena pelaku pasar lebih cenderung membeli dolar AS, sejalan dengan membaiknya dolar AS di pasar global.

Ia menjelaskan, pelaku pasar khususnya asing, lebih percaya memegang dolar ketimbang mata uang Indonesia, apalagi mata uang asing itu menguat menjelang pertemuan menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20.

Menurutnya pertemuan para menteri keuangan G20 yang dimulai Jumat ini di Korea Selatan, di mana para peserta akan mencoba untuk menyelesaikan sengketa mata uang yang membayangi upaya untuk membangun ekonomi dunia yang lebih kuat.

"Greenback saat ini menguat dalam perdagangan mata uang Tokyo," katanya.

Membaiknya dolar, mengakibatkan rupiah naik cukup tinggi dari biasanya hanya dalam kisaran dua poin sampai lima poin. (ANT/MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.