Sukses

Rupiah Pagi Cenderung Stabil

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta Kamis, berada di level Rp8.930-Rp8.940 per dolar AS, atau naik dua poin.

Liputan.com, Jakarta: Kurs rupiah terhadap dolar AS Kamis pagi (21/10) masih stabil. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta kini berada di Rp8.930-Rp8.940 per dolar AS, atau naik dua poin dibanding penutupan hari sebelumnya di Rp8.932-Rp8-Rp8.942 per doalr AS.

Pelaku pasar khususnya asing, masih hati-hati bermain lebih jauh, setelah Bank Sentral China menaikkan suku bunganya, demikian analisa Kepala Treasury PT OCBC NISP Suriyanto Chang.

Bank sentral China menaikkan suku bunga acuan pinjaman dan deposito satu tahun masing-masing sebesar 25 basis poin, sebagai upaya Beijing untuk menahan inflasi dan harga properti yang melonjak. Akibatnya, banyak permintaan dari konsumen terhadap mata uang China, Yuan.

Penguatan rupiah yang relatif kecil menurut Suriyanto, karena pelaku pasar percaya pernyataan Bank sentral AS bahwa ekonomi Amerika Serikat akan tumbuh pada tingkat yang moderet setelah dana paket stimulus dikeluarkan.

Namun Suriyanto optimistis, peluang rupiah untuk naik lebih besar pada Kamis kemungkinan masih terjadi, karena faktor positif makin tumbuh.

"Kami optimis rupiah akan kembali naik lebih besar asalkan Bank Indonesia (BI) tidak masuk pasar menahan laju kenaikan rupiah," ucapnya.

Sementara itu dolar merosot terhadap mata uang Jepang, menjadi 81,12 yen dari 81,54 yen. Euro berpindah tangan pada 1,3995 dolar naik dari 1,3726 dolar. (ANT/MLA)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.