Sukses

Rupiah Sesi Pagi Naik Tipis

Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Rabu pagi (13/10) naik 6 poin.

Liputan6.com, Jakarta: Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Rabu pagi (13/10) naik tipis. Rupiah berada di Rp8.924-Rp8.934 per dolar AS atau naik enam poin dibanding penutupan hari sebelumnya Rp8.930-Rp8.940 per dolar AS.

Direktur Currency Management Group, Farial Anwar mengatakan, pasar uang positif terhadap rupiah karena pelaku pasar terpicu oleh melemahnya dolar AS terhdap euro dan yen. Namun, aksi beli terhadap rupiah masih kecil sehingga kenaikan mata uang Indonesia berada dalam kisaran yang sempit.

Rupiah kemungkinan berat untuk bisa menguat tajam, karena pergerakan rupiah terus diawasi Bank Indonesia (BI).

Menurut Farial, rupiah masih berpeluang naik jika melihat faktor positif yang ada di pasar, namun bisa saja dalam perjalanan pada Rabu siang nanti rupiah kembali tergerus.

"Kami optimis rupiah akan kembali menguat mendekati level Rp8.900 per dolar AS. Rupiah sebelumnya sempat mencapai Rp8.913 per dolar dan diperkirakan akan dapat menembus angka Rp8.900 per dolar," katanya.

Farial memperkirakan BI akan mempertahankan rupiah agar tidak menembus Rp8.900 per dolar AS, karena apabila rupiah berhasil menembusnya maka kenaikan diperkirakan akan terus berlanjut. (ANT/MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.