Sukses

Rupiah Stabil, Pelaku Pasar Masih Libur Lebaran

Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Rabu (15/9) pagi cenderung stabil, karena sebagian besar pelaku pasar belum masuk pasar, dan masih menikmati liburan Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta: Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Rabu (15/9) pagi cenderung stabil, karena sebagian besar pelaku pasar belum masuk pasar, dan masih menikmati liburan Idul Fitri.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS naik lima poin menjadi Rp8.965-Rp8.975 per dolar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp8.970-Rp8.980. Analis pasar uang, Irfan Kurniawan di Jakarta, mengatakan, rupiah cenderung masih bergerak naik namun kenaikannya relatif kecil, karena pelaku masih belum turun ke pasar. Pelaku lokal masih menunggu reaksi pelaku asing yang masih berdiam diri setelah bursa Wall Street cenderung menentu, katanya.

Kenaikan rupiah yang tipis itu, menurut dia karena pelaku pasar membeli rupiah dalam jumlah yang kecil terpicu oleh melemahnya dolar terhadap mata uang utama Asia lainnya. Dolar AS melemah, karena The Federal Reserve (The Fed) akan melakukan intervensi melanjutkan kebijakan pembelian aset era krisis, ucapnya. Sedangkan euro naik menjadi 1,2994 dolar dari 1,2880 dolar AS, Greenback turun menjadi 83,06 yen dari 83,64 yen setelah sebelumnya mencapai 82,93 yen.

"Kami memperkirakan peluang rupiah untuk naik cukup besar, karena di pasar internal masih positif," kata Irfan Kurniawan.
Menurut Irfan Kurniawan, keberhasilan Indonesia menaikkan periingkat dan positif pertumbuhan ekonomi Cina masih merupakan faktor yang positif bagi pergerakan rupiah. Aksi beli rupiah diperkirakan akan muncul pada siang hari dan sesi sore sehingga mata uang Indonesia dapat bergerak naik, ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.