Sukses

Pagi Ini Rupiah Menguat 14 Poin

Aksi beli terhadap mata uang Indonesia akibat terpicu membaiknya bursa regional, membuat rupiah menguat hingga 14 poin.

Liputan6.com, Jakarta: Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Senin (6/9) pagi, naik menjauhi level Rp 9.000 per dolar. Hal ini disebabkan karena pelaku kembali melakukan aksi beli terhadap mata uang Indonesia yang terpicu membaiknya bursa regional.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar naik menjadi Rp 8.976-Rp 8.986 per dolar dibanding penutupan akhir pekan lalu Rp 8.990-Rp 9.000 atau menguat 14 poin. Dirut sebuah Lembaga Keuangan, Edwin Sinaga saat ditemui di Jakarta, mengatakan kenaikan rupiah itu dipicu aksi positif dari eksternal, akibat membaiknya bursa Wall Street menurut data ekonomi AS mengenai tenaga kerja membaik dari perkiraan sebelumnya.

"Kami optimis rupiah masih akan bergerak naik lagi mendekati angka Rp8.950 per dolar," ujarnya. Kenaikan rupiah itu berlawan dari biasanya apabila dolar AS menguat maka rupiah akan tertekan, namun pelaku pasar saat ini mengindah faktor tersebut.

Dolar naik menjadi 84,43 yen dari 84,32 yen dan Euro menjadi 1,2895 dolar dan 108,81 yen. Meski demikian aktivitas pasar agak lesu, karena sebagian pelaku sudah meninggalkan tempat menjelang tibanya hari Raya Idul Fitri. Sebagian pelaku pasar, lanjut Edwin umum pembeli lokal, sedangkan asing hanya sebagian kecil yang masih aktif bermain di pasar.(Ant/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini