Sukses

Rupiah Pagi Naik Tujuh Poin

Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Rabu pagi (1/9) naik ke posisi Rp9.023-Rp9.033 per dolar AS.

Liputan6.com, Jakarta: Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Rabu pagi (1/9) naik ke posisi Rp9.023-Rp9.033 per dolar AS,  atau menguat 7 poin dibanding penutupan hari sebelumnya Rp9.030-Rp9.040 per dolar AS.

Penguatan rupiah ini terjadi karena aksi beli kembali terjadi, namun dalam jumlah yang relatif kecil. Pasar masih sepi karena pelaku hanya melepas dolar dalam jumlah yang kecil, mereka masih menunggu perkembangan ekonomi global, demikian dijelaskan Direktur Retail Banking PT Bank Mega Tbk, Kostaman Thayib.

"Kami memperkirakan rupiah akan kembali menguat pada Rabu siang karena aksi lepas dolar untuk mencari untung akan terus terjadi," ucapnya.

Menurut Kostaman, rupiah kemungkinan akan tetap berada di atas level Rp9.000 per dolar, sesuai keinginan pemerintah agar pendapatannya dari ekspor tetap terjaga.

Posisi rupiah di atas Rp9.000 per dolar akan dijaga, sehingga koreksi yang terjadi saat ini hanya merupakan konversi saja.

Kostaman mengatakan, gejolak ekonomi global yang memburuk, merupakan faktor utama yang menekan rupiah terus melemah, karena pelaku lebih cenderung memegang dolar.

"Namun, kenaikan yang terus terjadi mengakibatkan pelaku pasar lokal melepasnya untuk mencari untung," ucapnya.

Meski demikian, rupiah juga masih berpeluang untuk naik lagi, karena pelaku asing berminat untuk kembali masuk pasar dengan melakukan investasi yang lebih besar.

Menurut Kostaman, pelaku asing sebenarnya sedang menunggu laju inflasi 2010, yang diperkirakan akan terus meningkat meliwati batas tertinggi yang ditetapkan Bank Indonesia, dan mendorong lembaga itu berusaha menyesuaikan tingkat bunga acuannya (BI Rate).(ANT/MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini