Sukses

Rupiah Pagi Turun Tiga Poin

Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Jumat pagi turun tiga poin menjadi Rp8.981-Rp9.001 per dolar AS.

Liputan6.com, Jakarta: Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Jumat pagi (27/8) turun tiga poin menjadi Rp8.981-Rp9.001 per dolar AS. Kemarin perdagangan rupiah/dolar AS ditutup pada posisi Rp8.978-Rp8.988 per dolar AS.

Rupiah masih stabil karena pelaku pasar makin fokus terhadap data ekonomi AS yang akan dikeluarkan nanti siang, demikian kata analis valas Irfan Kurniawan.

Pelaku ingin mengetahui lebih jauh data ekonomi AS yang cenderung melemah dan mengakibatkan bursa Wall Street dalam beberapa hari merosot.

Menurut Irfan, rupiah sudah sekitar dua pekan terkoreksi meski dalam kisaran yang sempit, akibat melemahnya pergerakan bursa New York. Namun penguatan rupiah menurutnya bukan hanya tergantung pada kondisi itu saja, tetapi juga masuknya dana asing ke pasar domestik.

"Kami optimistis kondisi pasar yang stabil merupakan faktor yang akan mendorong rupiah kembali menguat," katanya.

Irfan mengatakan, sepanjang pelemahan Wall Street menahan investasi asing di dalam negeri, maka pergerakan rupiah juga akan menurun.(ANT/MLA)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini