Sukses

Aksi Jual Tinggi, Rupiah Selasa Sore Melemah

Nilai tukar rupiah di pasar uang spot antarbank Jakarta, Selasa sore, melemah akibat menguatnya tekanan jual.

Liputan6.com, Jakarta: Nilai tukar rupiah di pasar uang spot antarbank Jakarta, Selasa sore, melemah akibat menguatnya tekanan jual. Pelaku pasar agaknya mengkhawatirkan naiknya inflasi tahun ini.

Setengah jam menjelang penutupan, rupiah ditransaksikan pada kisaran Rp8.955-8.965 per dolar AS, melemah 31 poin dari posisi penutupan hari sebelumnya Rp8.924-8.934 per dolar AS.

Selain kekhawatiran inflasi, melemahnya rupiah menurut Direktur Retail Banking PT Bank Mega Tbk Kostaman Thayib, juga didorong oleh melemahnya mata uang Asia terhadap dolar AS.

Mata uang utama Asia melemah terhadap dolar AS menjelang pertemuan Bank sentral AS (Fed), yang akan mempertimbangkan agar pertumbuhan ekonomi global tidak terhenti.

Jika tekanan terus tinggi, kemungkinan rupiah akan kembali ke level Rp9.000 per dolar AS, sesuai dengan keinginan Bank Indonesia (BI).  Koreksi terhadap rupiah agak tertahan oleh membaik bursa Wall Street yang memicu bursa Hong Kong dan Jepang membaik.(ANT/MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini