Sukses

Rupiah Sesi Selasa Sore Turun 10 Poin

Rupiah Selasa sore (3/8) ditutup melemah karena pelaku pasar masih melepas mata uang lokal itu. Mereka mencari untung, setelah rupiah menguat hingga di bawah angka Rp8.900 per dolar AS.

Liputan6.com, Jakarta: Rupiah sedikit melemah karena pelaku pasar masih melepas mata uang lokal itu, meski faktor positif dari eksternal cukup tinggi.

Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Selasa sore (3/8) turun 10 poin menjadi Rp8.940-Rp8.950 per dolar AS, dibanding penutupan hari sebelumnya Rp8.930-Rp8.940 per dolar AS.

Analis Valas PT Bank Himpunan Saudara Tbk, Rully Nova mengatakan, pelaku pasar masih mengindahkan faktor positif dalam upaya mencari untung, setelah rupiah menguat hingga di bawah angka Rp8.900 per dolar AS.

Rupiah memang terkoreksi namun relatif kecil, karena pelaku pasar hati-hati untuk melepas mata uang Indonesia itu lebih jauh. Sebab bursa Wall Street membaik dan dolar AS merosot terhadap euro di pasar regional.

Menurut Rully Nova, rupiah masih dapat bergerak naik lagi, karena pelaku pasar khususnya asing masih tetap ingin bermain di pasar domestik, mereka akan melakukan investasi karena suku bunga rupiah yang dinilai tetap tinggi.

Pelaku asing semula sudah siap untuk masuk pasar melakukan pembelian, karena mereka memperkirakan suku bunga acuan (BI Rate) akan menguat minimal 0,25 persen. Namun BI kemungkinan akan tetap mempertahankan bunga BI Rate, karena kenaikan laju inflasi 2010 tidak begitu besar.(Ant/mla)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini