Sukses

Rupiah Awali Pekan Dengan Bertahan

Senin pagi (2/8) kurs rupiah terhadap dolar AS hanya turun lima poin menjadi Rp8.935-Rp8.945 per dolar AS.

Liputan6.com, Jakarta: Mengawali pekan pertama di Agustus ini, rupiah masih bertahan di bawah 9.000-an. Di pasar spot antarbank Jakarta, Senin pagi (2/8) kurs rupiah terhadap dolar AS hanya turun lima poin menjadi Rp8.935-Rp8.945 per dolar AS, dibanding penutupan hari sebelumnya Rp8.930-Rp8.940 per dolar AS.

Membaiknya bursa saham Indonesia, masih menahan pelaku pasar untuk melepas rupiah guna mencari untung setelah pekan lalu menguat. Direktur Retail Banking PT Bank Mega Tbk, Kostaman Thayib mengatakan, koreksi harga terhadap rupiah saat ini dinilai biasa setelah mengalami kenaikan pada pekan lalu.

Ia memperkirakan rupiah pada pekan ini masih berpotensi untuk naik lagi hingga mendekati angka Rp8.900 per dolar. Rupiah mendapat dukungan dari investasi asing yang terus meningkat, yang selama bulan lalu diperkirakan mencapai Rp13 triliun sampai Rp14 triliun. Dana asing yang masuk itu terutama ditempatkan di Surat Utang Negara dan instrumen Bank Indonesia.

Kostaman Thayib mengatakan, Bank Indonesia (BI) kemuingkinan akan tetap menjaga di pasar untuk mengamati laju kenaikan rupiah agar tidak terlalu cepat. BI akan selalu menjaga rupiah untuk kebaikan semua pihak baik eksportir, importir maupun konsumen, sehingga semua dapat tumbuh dengan baik.

Kenaikan rupiah pada pekan lalu menurut Kostaman karena faktor fundamental ekonomi makro Indonesia yang terus tumbuh, bahkan ekonomi nasional bisa tumbuh di atas enam persen. Hal ini yang mendorong pelaku asing lebih aktif bermain di pasar domestik ketimbang di kawasan Amerika yang pertumbuhan ekonomi tidak sebaik yang diperkirakan sebelumnya.

"Pelaku asing optimistis bermain di pasar domestik akan dapat meraih keuntungan yang lebih baik, karena bunga rupiah yang jauh lebih tinggi dibanding dolar," tuturnya.(ant/mla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini