Sukses

Rupiah Bisa Dekati Level Rp 9.000 per Dolar AS

Rupiah hari ini diperkirakan akan bergerak mendekati level Rp9.000 per dolar AS, karena pelaku asing masih terlihat melakukan pembelian rupiah.

Liputan6.com, Jakarta: Rupiah hari ini diperkirakan akan bergerak mendekati level Rp9.000 per dolar AS, karena pelaku asing masih terlihat melakukan pembelian rupiah.

Senin pagi Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, makin menjauhi angka Rp9.050 per dolar AS. Nilai tukar rupiah terhadap dolar naik tipis tiga poin menjadi Rp9.037-Rp9.047 per dolar dibanding penutupan akhir pekan lalu Rp9.040-Rp9.050.

Analis bidang Sekuritas, Michael Andy Surya mengatakan, pembelian rupiah oleh pelaku pasar memicu mata uang Indonesia bergerak naik, namun aksi beli itu relatif masih kecil.

Pelaku pasar menurutnya masih hati-hati untuk membeli rupiah, setelah tujuh bank Eropa dikenakan sanksi untuk menambah modal yang menunjukkan krisis keuangan di Eropa masih berlanjut.

Pelaku pasar juga menunggu apakah kenaikan bursa Wall Street berlanjut setelah laporan keuangan emitennya cukup mengecewakan. Namun beberapa perusahaan AS seperti UPS dan Caterpillar menunjukkan kinerja yang lebih baik sehingga memberikan keyakinan bahwa ekonomi AS masih tumbuh.

Michael memperkirakan, apabila indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) terus menguat menjauhi angka 3.000 poin, kemungkinan rupiah juga menguat mendekati level Rp9.000 per dolar.

"Kami optimis peluang rupiah ke arah sana cukup besar, asalkan indeks BEI kembali menguat," ujarnya.

Menurutnya kenaikan rupiah relatif kecil, karena pelaku juga mengamati kegiatan Bank Indonesia (BI) mengenai penambahan modal dan fungsi intermediasi. BI menginginkan bank-bank menyalurkan kredit hingga 24 persen pada tahun ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih besar lagi.

Karena itu Michael yakin peluang rupiah untuk naik mencapai ke level Rp9.000 per dolar AS masih cukup besar.(ANT/mla)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini