Sukses

Kisah Pemantau Salju Prancis

Liputan6.com, Paris: Bagi Anda yang gemar berlibur di pegunungan bersalju tebal, salju longsor menjadi ancaman yang selalu menghantui. Namun, berkat kerja keras para pemantau salju, bahaya tersebut kini bisa diantisipasi. Seorang pemantau salju Prancis yang setia pada profesinya, Claude Schneider, baru-baru ini, mengisahkan tentang pekerjaannya.

Schneider memulai pekerjaan ketika matahari baru bersinar. Dia mengawali pekerjaannya dengan memeriksa cuaca dan melakukan pemantauan kondisi salju di pegunungan tempatnya bekerja. Pemantauan itu kemudian dijadikan sebuah data kondisi salju dan cuaca pegunungan.

Data yang diperolehnya setiap hari kemudian disampaikan kepada para pengelola resor ski dan pemain ski melalui siaran di radio lokal. Schneider yang memeriksa ketinggian salju secara langsung setiap harinya melakukan pengukuran beberapa kali.

Sebagai pemantau salju, Schneider memang tidak bisa berdiam terus di kantor. Untuk mengetahui kondisi sesungguhnya, dia mengaku harus bisa melihat, menyentuh, dan merasakan salju secara langsung. Karena itu, dia harus memeriksa salju nyaris butir demi butir. Menurut Schneider, hal itu penting dilakukan untuk mengetahui apakah lempengan salju yang tampak itu tidak membahayakan. Dengan begitu bisa diketahui salju tersebut bagian dari salju longsor atau bukan.

Schneider menambahkan, lapisan salju terdiri dari lapisan padat dan lapisan yang kendur. Apabila di suatu tempat lapisan saljunya padat, berarti ancaman salju longsor rendah. Begitu juga sebaliknya.

Menurut pemantau salju dari Prancis ini, profesinya memang melelahkan karena setiap hari dia harus memeriksa ribuan hektare salju. Namun, berkat kerja kerasnya ini, para pelancong atau pemain ski es akan merasa lebih aman.(ZIZ/Fik)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.