Sukses

Keindahan Alam Lembang Menggoda Wisatawan

Kesejukan dan keindahan alam obyek wisata Gunung Tangkuban Perahu dan kawasan Lembang, Bandung, Jabar, sangat menggoda wisatawan untuk berkunjung.

Liputan6.com, Bandung: Suasana yang nyaman, sejuk, dan bersih, kerap menjadi pilihan masyarakat kota untuk melepaskan kejenuhan aktivitas sehari-hari. Merujuk hal tersebut dapat dipastikan keindahan alam yang asri menjadi pilihan utama. Sebut saja obyek wisata kawasan Lembang dan Gunung Tangkuban Perahu di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kedua tempat ini sangat cocok untuk melepas kepenatan sambil menikmati keindahan alam. Di samping memiliki hawa sejuk, alam permai yang membentang di sepanjang poros Purwakarta-Lembang dengan panorama perkebunan di sisi kanan-kiri jalan sangat menggoda orang untuk berwisata. Hal ini terbukti saat SCTV mendatangi kedua tempat tersebut, baru-baru ini.

Jarak kedua obyek wisata yang menjadi andalan Kabupaten Bandung ini tak berjauhan. Tak heran, jika kondisi alam kedua obyek wisata tersebut hampir sama. Hawa yang dingin dengan pemandangan yang hijau menjadi satu di antara ciri khas kedua tempat obyek wisata ini. Gunung Tangkuban Perahu, misalnya. Kawasan ini adalah lereng terjal bergelombang dengan ketinggian 150 meter hingga 2.684 meter di atas permukaan laut. Gunung tersebut mempunyai empat kawah yang masih aktif yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Domas, Kawah Jurig. Di sini dapat dilihat lipatan dan patahan geologi dan vulkanologi yang menampilkan pemandangan yang indah. Fasilitas jalan pun sudah beraspal hingga ke sisi kawah.

Tak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu, bisa dinikmati keindahan kawasan Lembang. Di kawasan pegunungan ini dapat dilihat berbagai perkebunan. Kawasan ini memang cocok buat menanam tanaman yang hanya tumbuh dengan kondisi yang dingin. Perkebunan stroberi, misalnya. Buah yang kerap menghiasi aneka macam kue dan minuman segar ini memang hanya bisa tumbuh di kawasan yang memiliki suhu dingin. Tak heran, jika di kawasan ini kerap ditemui hamparan tanaman yang identik dengan wilayah Lembang.

Kondisi yang menggoda kadang tak menjadi jaminan menjadi tempat tujuan rekreasi. Lokasi yang mudah dilalui juga menjadi satu di antara faktor utama. Lokasi yang terletak sekitar 30 kilometer dari sebelah utara Kota Bandung, membuat kedua obyek wisata dapat dicapai sekitar 45 menit dengan kendaraan bermotor. Ini juga termasuk dengan banyaknya angkutan umum yang melewati kedua obyek wisata tersebut. Jarak tempuh ini kian tak terasa seiring menikmati keindahan alam sepanjang perjalanan. Dengan segala faktor penunjang tersebut, tak heran jika kedua lokasi wisata di wilayah ini dapat dijadikan pilihan dalam berekreasi bersama keluarga.(ORS/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.