Sukses

Ratusan Warga Thailand Dievakuasi dari Kamboja

Evakuasi penduduk Thailand dilakukan pascapembakaran gedung kedubes negara itu di Phnom Penh, Kamboja. PM Thaksin Shinawatra telah mengirim lima pesawat Hercules untuk mengangkut warga.

Liputan6.com, Phnom Penh: Situasi di Phnom Penh, Kamboja, masih mencekam, menyusul aksi pembakaran gedung Kedutaan Besar Thailand, Rabu kemarin. Hingga Kamis (30/1) siang, Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra telah mengirimkan lima pesawat Hercules C-130 untuk mengangkut sekitar 500 warga yang bermukim di sana. Thaksin juga menegaskan peristiwa itu mengakibatkan hubungan dengan Kamboja menurun ke tingkat memprihatinkan. PM Kamboja Hun Sen pun menyesalkan insiden tersebut.

Pembakaran gedung Kedubes Thailand dipicu komentar artis kondang Negeri Gajah Putih, Suwana Konying. Dia menyebutkan, kuil Angkor Wat adalah milik Thailand. Belakangan Suwana membantah telah mengeluarkan pernyataan tersebut. Namun upaya ini tak mampu mematikan emosi warga Kamboja. Mereka mendatangi kompleks kedutaan dan merusak serta membakar kantor dubes Thailand di Phnom Penh. Tak hanya itu, warga juga merusak sejumlah rumah makan dan tempat usaha milik penduduk Negara Gajah Putih [baca: Pnom Penh Rusuh, Kompleks Kedubes Thailand Dibakar].(KEN/Pin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.