Sukses

Gunung Fuji Akan Meletus, Bencana Besar bagi Jepang

Gunung Fuji yang menjadi gunung legendaris di Jepang dikabarkan akan meletus. Jika itu terjadi, dampak letusannya dikabarkan akan lebih dahsyat daripada Gunung Merapi.

Liputan6.com, Tokyo: Gunung Fuji merupakan gunung merapi yang telah hampir 300 tahun tidak aktif lagi. Namun, peneliti Jepang meramalkan jika gunung legendaris tersebut akan meletus, dampak letusannya akan lebih dahsyat daripada Gunung Merapi di Yogyakarta.

Salah seorang peneliti mengatakan, posisi di Gunug Fuji menunjukkan bahwa tekanan saat ini berada pada 1,6 megapascal. Hampir 16 kali lebih tinggi untuk memicu letusan.

Aktifnya Gunug Fuji disebabkan oleh gempa berkekuatan besar berujung tsunami yang melanda Jepang tahun lalu. Hal itu telah menciptakan tekanan besar di dapur magma gunung berapi yang dapat menyebabkan letusan.

Pada tahun 2004, pemerintah juga sempat memperkirakan letusan Fuji akan mempengaruhi lebih dari 400 ribu di seluruh wilayah Tokyo. Bahkan, bencana itu bisa membuat Tokyo menjadi lumpuh selama beberapa bulan.

Letusan Gunung Fuji terakhir tercatat pada tahun 1707, berlangsung selama lebih dari dua minggu. Letusan Fuji juga membentuk kawah baru. Selain itu, efek letusan memancarkan 800 juta meter kubik abu vulkanik yang tersebar di wilayah hingga mencapai Ibu Kota Kuno Edo yang berada 100 kilomter jauhnya dari gunung tersebut.

Banyak orang kehilangan nyawa mereka dari kelaparan setelah letusan karena mereka tidak bisa mendapatkan makanan. Bahkan, warga juga banyak yang menjadi korban akibat letusan gunung tersebut. (FRD/RT-News)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini