Sukses

Ditemukan di Sungai, Jenglot Jadi Tontonan Warga

Jenglot, sosok yang dianggap sebagai mummi manusia bertubuh mini, tak selamanya dianggap menyeramkan. Di Bantul, Yogyakarta, sosok jenglot yang bertaring dan berambut panjang itu justru jadi tontonan warga, tak terkecuali anak-anak.

Liputan6.com, Yogyakarta: Jenglot, sosok yang dianggap sebagai mummi manusia bertubuh mini, tak selamanya dianggap menyeramkan. Di Bantul, Yogyakarta, sosok jenglot yang bertaring dan berambut panjang itu justru jadi tontonan warga.

Makhluk mistis ini ditemukan di bantaran Sungai Progo, di Desa Mangir, Bantul, Yogyakarta. Tak hanya mendekat, warga justru mengerumuni jenglot. Sebagian warga tak hanya sebatas mengamati sosok menyeramkan ini. Mereka bahkan memegangnya, tak terkecuali anak-anak.

Sosok yang juga disebut Betara Karang ini berukuran kecil tapi memiliki taring dan kuku panjang. Rambutnya panjang terurai melebihi tubuhnya yang berukuran sekitar 12 sentimeter.

Benda yang lebih mirip patung ini awalnya ditemukan Suyitno, seorang penambang pasir, tersangkut di sela-sela rakit tempat mesin penyedot. Suyitno menyatakan, "Tadi waktu ambil pasir, saya melihat benda itu. Pas di angkat ada taringnya. Saya tunjukkan ke orang-orang dan, menurut mereka, itu jenglot."

Bagi sebagian orang,  jenglot selalu dikaitkan dengan hal mistis. Bahkan, sosok mungil ini dianggap jelmaan orang sakti yang ingin hidup abadi sehingga harus diberi minum darah.

Warga tak sepenuhnya percaya karena dari penemuan-penemuan jenglot sebelumnya, setelah diteliti, kebanyakan dibuat dari bahan karet dan rambut palsu. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.