Sukses

Dari Jepang, Topan Bolaven Menuju Korsel

Topan berkekuatan besar bergerak menuju Korea Selatan setelah mengamuk di Pulau Okinawa, Jepang, yang mengakibatkan putusnya aliran listrik dan melumpuhkan transportasi.

Liputan6.com, Tokyo: Topan berkekuatan besar bergerak menuju Korea Selatan setelah mengamuk di Pulau Okinawa, Jepang, yang mengakibatkan putusnya aliran listrik dan melumpuhkan transportasi. Topan Bolaven berada 300 kilometer di utara Naha, Okinawa, pada pukul 11.00 waktu setempat (08.00 WIB). Demikian dilansir BBC Indonesia, Senin (27/8).

Di Seoul, Presiden Lee Myung-bak meminta aparat melakukan persiapan matang menjelang datangnya badai. Bolaven adalah badai terkuat yang melanda wilayah itu dalam satu dekade. Namun diperkirakan kekuatan badai akan menurun pascamendarat di Semenanjung Korea. Sebagian wilayah Cina juga akan mengalami hujan deras dan angin kencang.

Sementara itu, sekitar 75 ribu rumah di Okinawa dan Kota Kagoshima di Jepang Selatan tidak mendapat aliran listrik setelah topan datang. Namun Senin pagi, penerbangan dari dan menuju bandara Naha masih belum pulih. "Jika cuaca mengizinkan, maskapai-maskapai penerbangan dapat kembali beroperasi di sore hari," kata seorang pejabat bandara.

Kapal dan feri yang menghubungkan pulau dengan wilayah lain di negara itu juga dibatalkan. Sedikitnya empat orang tewas tetapi kecepatan angin di Okinawa dan Amami lebih rendah dari yang diperkirakan. Badan meteorologi Jepang memperkirakan kecepatan angin di dekat pusat badai mencapai 180 km/jam.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.