Sukses

Gunung Soputan Meletus, Status Jadi Siaga

Gunung api Soputan, Sulawesi Utara, meletus pada Ahad (26/8) malam. Statusnya pun ditingkatkan dari waspada menjadi siaga.

Liputan6.com, Jakarta: Setelah Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, kembali meletus Desember 2011, kini Gunung api Soputan, Sulawesi Utara, meletus pada Ahad (26/8) malam. Statusnya pun ditingkatkan dari waspada menjadi siaga.

"Sehubungan dengan peningkatan aktivitas Gunung Api Soputan di Sulawesi Utara, maka terhitung 26 Agustus 2012 pukul 20.00 WITA, PVMBG telah menetapkan status Gunung Soputan dinaikan stastusnya dari Waspada (level II) ke Siaga (level III)," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam pesan singkatnya.

Sutopo menjelaskan, pukul 21.50 Wita, Gunung Soputan meletus dengan ketinggian asap letusan mencapai 5.000 meter dari puncak. Asap letusan tertiup angin ke arah Utara. Akibatnya, hujan abu cukup tebal berpotensi di bagian utara.

"Kami mengimbau masyarakat agar tetap tenang, tidak perlu dilakukan pengungsian warga di sekitar Gunung Soputan. Warga diimbau tidak beraktivitas dalam radius 6 Km dari puncak gunung," ujarnya.

Selain itu, Sutopo juga menegaskan, pendakian dan aktivitas berkemah di puncak Gunung Soputan sebaiknya dihindari. Adapun warga yang bermukim pada radius 6,5 Km tidak perlu mengungsi. "Jika terjadi hujan abu agar masyarakat menggunakan masker penutup hidung dan mulut," imbuhnya.

Sebelumnya, sejak pukul 19.33 Wita, pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengabarkan, Gunung Soputan telah mengeluarkan sinar api dari puncak Gunung Soputan.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini