Sukses

Kebakaran Hutan di Washington, 60 Rumah Hangus

Kebakaran itu menghancurkan setidaknya 60 rumah dan lebih dari 18.000 hektare antara dua hutan nasional di negara bagian Washington.

Liputan6.com, Washington: Para petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan api di daerah Amerika Serikat Barat, Selasa (14/8). Kebakaran itu menghancurkan setidaknya 60 rumah dan lebih dari 18.000 hektare antara dua hutan nasional di negara bagian Washington.

Sekitar 400 rumah lainnya di bukit-bukit antara kota-kota Cle Elum dan Ellensburg, di ujung timur Pegunungan Cascade Washington barat laut dikosongkan. Akibat situasi itu Gubernur Christine Gregoire mengumumkan keadaan darurat di dua kota itu.

Kebakaran Taylor Bridge termasuk di antara lebih dari 12 kebakaran hutan di Amerika Barat, yang terjadi akibat gelombang panas yang menyebabkan temperatur naik tiga digit. Kebakaran-kebakaran telah menghantam sekitar 20 ribu hektar di Idaho, Washington, Oregon dan Kalifornia.

Di seluruh negara itu, kebakaran hutan telah menghantam 2,4 juta hektar hutan tahun ini di atas rata-rata 10 tahun 2,5 juta hektar, kata data dari National Interagency Fire Center di Boise, Idaho.

"Kami tidak tahu apa penyebab sesungguhnya. Kami tidak punya indikasi bahwa itu disengaja," kata  Nancy Jones, juru bicara  tim tanggap keadaan darurat.

Dengan angin yang kencang dan tidak ada hujan di daerah itu selama tiga minggu, kerusakan mungkin saja terjadi lagi, kata Bryan Flint, juru bicara Departemen Sumber-Sumber Alam.

Angin mendorong api bergerak ke arah timur ke satu daerah yang sebagian besar lahan pertanian,kendatipun banyak terdapat rumah-rumah banyak di lokasi itu. Kobaran api hanya membakar daerah seluas empat mil barat laut Ellesburg dan 10 mil selatan Wenatche National Forest, selatan dari lokasi kebakaran adalah Snoqualmie Wenatchee National Forest.

Di Kalifornia utara, lebih dari 1.100 petugas pemadam kebakaran menghabiskan hari ketiga berusaha memadamkan dua kebakaran hutan yang menghancurkan dua rumah di daerah Spring Valley Lake County dan menghanguskan 2.800 hektar hutan.

Para petugas pemadam kebakaran hanya berhasil menangani 30 persen dari dua kebakaran di daerah-daerah terpencil Lake dan Colusa yang terpencil, kata Daniel Berlant, seorang juru bicara  Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran Kalifornia. Mereka diperkirakan tidak akan dapat mengatasi sepeuhnya kebakaran itu dalam seminggu.

Tetapi para petugas pemadam kwbakaran telah cukup membuat kemajuan dalam mengatasi kebakaran di mana pihak berwenang mencabut perintah evakuasi bagi 480 rumah  di daerah Spring Valley Senin malam, katanya.

Berlant mengatakan api bergerak memasuki Colusa County dan terus mengancam daerah sekitar Wilbur Hot Springs, satu daerah wisata yang telah berusia 147 tahun.(ANT/Reuters/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini