Sukses

Gempa Kembar Guncang Iran, 40 Tewas

Sedikitnya 40 orang tewas akibat guncangan gempa kembar di Kota Tabriz, Iran.

Liputan6.com, Tabriz: Sedikitnya 40 orang tewas akibat terkena guncangan gempa kembar di Kota Tabriz, Iran, Sabtu (11/8). Selain itu, sekitar 400 orang lainnya terluka. "Menurut laporan terkini, ada sekitar 40 sampai 50 orang tewas terkena gempa. Sekitar 400 orang lainnya luka-luka dan kini sedang dibawa ke Tabriz dan Ardebil," kata Gholamreza Masoumi dari Kantor Berita ISNA seperti dilansir Aljazeera. 
 
Menurut Badan Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa kembar tersebut masing-masing berkekuatan 6,4 dan 6,3 skala Ritcher. Saat terjadi gempa, para penduduk berhamburan keluar rumah. 
 
Pusat Seismologi Universitas Teheran menyatakan gempa pertama dengan kedalaman 10 kilometer terjadi pada pukul 4:53 waktu setempat dan berpusat di titik 60 km dari Kota Tabriz. Kemudian, 11 menit kemudian, gempa susulan datang dari titik yang hampir sama dengan sebelumnya. 
 
Menurut Gubernur Tabriz Ahmad Alireza Beigi, gempa tersebut tidak berpengaruh besar di wilayahnya. Sementara, salah satu pejabat di Kota Ahar, Abbas Fallah mengatakan goyangan gempa memberikan dampak besar bagi wilayahnya. "Ada enam desa yang mengalami kerusakan parah dan membutuhkan pertolongan," kata Fallah kepada Kantor Berita Mehr.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini