Sukses

Badai Tropis Ernesto Akan Melanda Karibia

Badai tropis Ernesto akan melanda Kepulauan Karibia. Pulau-pulau di Karibia, seperti Barbados, Dominika, St. Lucia, St. Vincent, Martinique, Guadeloupe dan Grenadines diperkirakan akan menjadi sasaran Ernesto.

Liputan6.com, Havana: Badai tropis Ernesto akan melanda Kepulauan Karibia. Badan prakiraan cuaca setempat melaporkan, belum lama ini, badai kelima dari musim badai 2012 di Samudra Atlantik itu dilaporkan terus bergerak menuju pulau-pulau Karibia. Di antaranya, Barbados, Dominika, St. Lucia, St. Vincent, Martinique, Guadeloupe, dan Grenadines.

Menurut peringatan Pusat Badai Nasional (NHC) yang dikeluarkan pada Kamis (2/8) pukul 17.00 waktu setempat, Ernesto terbentuk sejauh 475 kilometer sebelah timur dari Kepulauan Windward. Kemudian badai tersebut akan bergerak ke arah barat dengan kecepatan angin 35 kilometer per jam hingga 85 kilometer per jam.

Selain itu NHC juga mengatakan bahwa terjangan Ernesto akan lebih kuat dalam 48 jam ke depan. Dengan pusat badai yang akan berada di dekat pulau-pulau pada Kamis malam atau Jumat pagi waktu setempat.

Dalam peringatan badai tropis yang berlaku untuk pulau-pulau tersebut, dinyatakan pula bahwa curah hujan lima sampai delapan sentimeter diperkirakan akan mengguyur sampai Jumat. Peramal cuaca mengatakan, jika badai tersebut berkembang menjadi besar, badai tersebut bisa mencapai Meksiko bagian tenggara, yakni Semenanjung Yucatan pada Selasa mendatang.

Badan Atmosfer dan Kelautan Amerika Serikat telah memperkirakan bahwa tahun ini akan terjadi musim badai Atlantik yang kurang aktif. Dengan jumlah antara sembilan dan 15 badai tropis, empat sampai delapan di antaranya akan menjadi badai besar.(TNT/ANS/Xinhua)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini