Sukses

Terjangan Topan di Korut Tewaskan 31 Orang

Hujan disertai badai topan kembali menghantam Korea Utara. Tercatat 31 orang tewas dan 16 lainnya hilang.

Liputan6.com, Seoul: Hujan disertai badai topan kembali menghantam Korea Utara. Tercatat 31 orang tewas dan 16 lainnya hilang. "Hujan lebat melanda beberapa daerah di pesisir timur dan barat Republik Demokratik Rakyat Korea pada 29-30 Juli," seperti dikutip kantor berita KNCA.

Bancana ini menyebabkan 46 ribu hektare lahan pertanian rusak sehingga akan memperparah kelangkaan pangan. Dikhawatirkan bancana ini menjadi pukulan berat bagi perekonomian Korea Utara. Pemimpin Kim Jong-un harus segera memulihkan ekonomi yang sekarat ini.

Sementara itu sebuah tim dari lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah dikerahkan ke dua area terparah untuk menilai kerusakan. Dengan demikian tim akan dapat memilih bantuan yang paling dibutuhkan oleh para korban.

Sejak pertengahan 1990-an, sektor pertanian Korut sering gagal panen karena banjir dan kekeringan. Adapun bencana kali ini bisa mengacaukan upaya Kim Jong-un memperbaiki ekonomi. Pasalnya kerusakan terjadi di beberapa tambang batubara yang merupakan sumber energi utama Korut.(Guardian/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini