Sukses

Awan Debu Raksasa Landa AS

Badai debu raksasa hingga 2.000 kaki menyerang wilayah Phonix, Amerika Serikat. Akibatnya, aliran listrik di 9.000 rumah terputus.

Liputan6.com, Phonix: Awan debu raksasa hingga 2.000 kaki menyerang wilayah Phonix, Amerika Serikat. Akibatnya, aliran listrik di 9.000 rumah terputus.

Seperti dilansir dari Dailymail, Jumat (27/7), kekuatan awan debu yang disebut Haboob, angin kuat dalam bahasa Arab, itu 56 kilometer per jam. Awan debu itu juga menyebabkan rumah warga menjadi kotor.

"Debu masuk ke segala penjuru rumah ke setiap sudut dan celah. Saya menemukan barang-barang elektronik dan alat-alat rumah tangga lainnya tertutup debu tebal," ungkap Fred Gadomski, warga Phonix.

Fenomena Haboob memengaruhi Phoenix selama Juni hingga September, musim hujan di Arizona. Fenomena itu dianggap sebagai peristiwa langka lantaran debu longgar yang ditiup ke atas saat tidak ada hujan. Kemudian, awan itu berkumpul di angkasa.(SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.