Sukses

Daftar Korban Tewas Tragedi Penembakan Colorado

Pemutaran perdana (Premier) seri terakhir film Batman 'The Dark Knight Rises' berbuah sebuah tragedi penembakan yang dilakukan oleh seorang mahasiswa doktoral yang mengaku dirinya sebagai "joker" di gedung bioskop Aurora, Colorado, Amerika Serikat, Jumat (20/7). Berikut daftar nama 12 korban tewas tragedi penembakan di premier seri terakhir film Batman 'The Dark Knight Rises', Colorado.

Liputan6.com, Denver: Pemutaran perdana (Premier) seri terakhir film Batman 'The Dark Knight Rises' berbuah sebuah tragedi penembakan yang dilakukan oleh seorang mahasiswa doktoral yang mengaku dirinya sebagai "joker" di gedung bioskop Aurora, Colorado, Amerika Serikat, Jumat (20/7). Data terakhir tercatat, korban tewas mencapai 12 orang dan sekitar 50 orang lainnya luka-luka. [baca: Pelaku Penembakan "Batman" Mengaku Joker]

Tiga di antara korban luka-luka adalah satu keluarga yang merupakan warga negara Indonesia (WNI). Mereka adalah Anggiat M Situmeang (45) menderita luka memar di mata kiri akibat serpihan dinding, istrinya bernama Rita Paulina br. Silalahi (45) menderita luka di lengan dan kakinya, dan anaknya bernama Prodeo Et Patria Situmeang (15) yang menderita luka tembak di punggung bawah kiri. [baca: WNI Korban Penembakan Colorado Dinyatakan Stabil]

Adapun daftar nama korban tewas adalah sebagai berikut:

1. Alex Sullivan (27)

Sebelum menuju bioskop, Sullivan memposting tweet rasa bahagianya bisa menonton Premier 'The Dark Knight Rises' tepat di hari ulang tahunnya yang ke-27. "Ini adalah hari ulang tahun terbaik yang pernah kualami," tweetnya.

Namun, tragedi penembakan tersebut menghanguskan semua kebahagiannya. Terlebih lagi, pria berumur 27 tahun ini akan merayakan hari ulang tahun pernikahannya yang genap satu tahun pada hari ini, 22 Juli 2012.

Istri Sullivan, Cassie mengaku tidak bisa berkata apa-apa saat menemukan suaminya tewas. Beberapa kerabat dan tetangga menyebut Sullivan adalah orang baik, murah senyum, dan suka berbagi.

2. Micayla Medek (23)

Medek menyebut dirinya di profil Facebook sebagai "wanita sederhana yang sedang mencari kebahagian". Menurut New York Daily News, dia adalah mahasiswa Universitas Aurora dan pegawai toko "Subway Store".

Sehari usai kematiannya, para sahabat dan keluarga menggelar upacara khusus di depan rumah Medek.

"Aku berharap aksi pria setan tersebut tidak menggoyangkan iman kita kepada Tuhan," ujar kerabat Medek, Anita Busch.

3. Jessica Ghawi (24)

Jessica Ghawi adalah salah satu korban tewas yang paling disayangkan. Di usianya yang gemilang, dia tengah naik daun sebagai presenter olahraga dan blogger terkenal di AS. Sebelumnya, wanita cantik ini hampir menjadi korban penembakan di Mal Eaton Toronto, baru-baru ini. Usai kejadian itu, Jessica mencurahkan pengalaman mautnya itu di blog pribadinya.

"Kita tidak akan bisa tahu kapan ajal menjemput kita," tulisnya.

Namun, beberapa lama kemudian, Jessica tewas tertembak "Joker". Keluarga mengaku sangat syok atas kematiannya.

Jessica mengaku sangat antusias bisa menyaksikan penayangan perdana film terbaru Batman: 'The Dark Knight Rises', Jumat dini hari waktu setempat. Meski begitu, dia sempat menuliskan perasaan kesal dalam akun Twitternya lantaran film tidak kunjung dimulai hingga 20 menit. Dia juga menyayangkan tidak menyaksikan film terbaru itu bersama dengan sobat karibnya. Saudara Jessica, Jordan Ghawi, mengatakan dia dan kakak perempuannya mengambil tempat duduk tepat di barisan tengah bioskop.

4. John Larimer (27)

John Larimer adalah salah satu dari empat komandan pelayaran AS yang menghadiri pemutaran perdana 'The Dark Knight Rises'. Pihak keluarga yang sudah lama menantikan kepulangan Larimer dari berlayar sangat terkejut saat mendapat kabar dari Larimer tewas.

"Aku sangat sedih atas kematian Larimer. Dia adalah teman sejati di kapal," kata Komandan Jeffrey Jakuboski.


5. Rebecca Wingo (32)

Rebecca Wingo adalah seorang ibu yang sedang berkuliah Jurusan Seni di Universitas Aurora. Saat kejadian, dia duduk di kursi yang terletak di baris kelima. Dalam profil Facebooknya, Wingo menulis dirinya berasal dari Quinlan, Texas dan lulus dari SMA  W.H. Ford pada 1997. Dia pernah bekerja sebagai pelayan di Badan Angkatan Udara AS.

Weaver salah satu korban luka mengatakan bahwa usai tertembak, Wingo tak sadarkan diri. Weaver kemudian mencoba membawanya keluar tapi gagal.

6. Matthew McQuinn (27)

Saat kejadian, Matthew yang sudah tertembak mencoba menyelamatkan pacarnya, Samantha. Namun, Samantha tetap tertembak di kaki dan Matthew tetap tewas. Keduanya bekerja di supermarket Springfield Target .

7.  Veronica Moser-Sullivan (6)

Veronica adalah korban tewas termuda. Bocah berusia enam tahun ini tertembak di bagian perut dan kerongkongan. Aksi brutal sang joker telah menenggelamkan mimpi bocah kecil yang ingin menjadi perenang. Dia telah berencana mengambil kursus renang dalam waktu dekat ini.

Sang ibu, Ashley Moser mengaku tidak percaya atas kematian anaknya itu.

8.  Jesse Childress (29)

Jesse adalah operator sistem penerbangan Angkatan Udara asal Thornton, Colorado. Dia meninggal di usia 29 tahun.

9. Alexander Boik (17)

Boik berada di tempat kejadian bersama kekasihnya,  Lasamoa Cross. Sebagai tanda penghormatan terakhir, keluarga Boik menulis kata-kata dalam sebuah situs.

Boik dikenal sebagai pria tampan dan baik. Dia baru saja lulus dari SMA Gateway. Kemudian, dia bekerja sebagai distributor kopi organik bermerek OrganoGold.

10. Alexander Teves (24)

Menurut laman New York Daily News, Tevez adalah alumni Universitas Denver. Kini, dia berencana melanjutkan studinya di bidang terapi fisik. Bagi bibinya,  Barbara Slivinske, Teves adalah orang yang sangat baik dan penyayang.

11. Jonathan Blunk (26)

Jonathan Blunk adalah seorang duda dua anak yang pergi ke bioskop bersama pacarnya, Jansen Young. Saat kejadian, Young mengaku diselamatkan oleh Blunk. "Jon (Blunk) mencabut peluru yang mengenai tubuhku," kata Young.

Sementara, bagi mantan istrinya, Chantel Blunk, Jonathan adalah sosok pahlawan. Menurutnya, jika nanti meninggal, Jonathan ingin meninggal sebagai pahlawan. Dan ternyata benar, Jonathan tewas usai menyelamatkan pacarnya.

12. Gordon Cowdon (51)

Bagi para tetangga, Cowdon adalah duda berusia 51 tahun yang sangat mencintai anak-anaknya. Setiap hari, dia selalu menghabiskan waktu bersama anak-anaknya.

"Dia adalah pria yang mencintai keluarganya dan selalu terlihat bersama dengan anak-anaknya saat keluar rumah," kata sang tetangga, Ismael Botello, seperti dilansir USA Today, Ahad (22/7). (FRD)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini