Sukses

Hadapi Arus Mudik, Rekayasa Lalu Lintas Dipersiapkan

Menurut Kasat Lantas Polres Brebes AKP Harry Ariyanto, peralatan rekayasa itu nantinya digunakan untuk mengatur lalu lintas pada arus mudik dan arus balik.

Liputan6.com, Brebes: Satuan Lalu Lintas Polres Brebes, Jawa Tengah, mulai mempersiapkan peralatan rekayasa lalu lintas yang akan digunakan saat arus mudik. Rekayasa lalu lintas berupa ribuan barikade besi, traffic cone, dan bamboo cone itu bakal dipasang di jalur Pantura. Ada juga papan penunjuk arah berukuran raksasa.

Menurut Kasat Lantas Polres Brebes AKP Harry Ariyanto, peralatan rekayasa itu nantinya digunakan untuk mengatur lalu lintas pada arus mudik dan arus balik. Di antaranya untuk menutup marka jalan yang dijadikan sebagai tempat perputaran kendaraan. Papan penunjuk arah digunakan untuk mempermudah pemudik untuk mengetahui saat adanya pengalihan arus dan jalur alternatif mudik.

Harry menambahkan, peralatan rekayasa ini juga digunakan untuk mengurai kemacetan di sejumlah titik kemacetan, seperti pasar tumpah yang ada di sepanjang jalur Pantura. Pasar tumpah selama ini sebagai salah satu pemicu kemacetan akibat banyaknya pedagang yang memakai badan jalan untuk berjualan.

Satlantas Polres Brebes memperkirakan kendaraan yang akan memasuki gerbang pintu Jawa Tengah akan mengalami kenaikan dibandingkan dengan arus mudik tahun lalu.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini