Sukses

KA Ekonomi AC Disiapkan untuk Mudik

Gerbong KA ekonomi ber-AC yang akan beroperasi melayani arus mudik Lebaran tengah disiapkan. Menurut rencana, kereta beroperasi mulai 25 Juli mendatang untuk jurusan Jakarta Solo dan Jakarta-Purwokerto.

Liputan6.com, Jakarta: Gerbong kereta api ekonomi AC yang akan beroperasi melayani arus mudik Lebaran mendatang, tengah disiapkan.

Di depo KA satu kilometer dari Stasiun Kota Jakarta, gerbong-gerbong KA tengah dibenahi. Setelah dibersihkan, dicat ulang, dan diperbaiki berbagai fasilitasnya termasuk kamar kecil, barulah pendingin udara akan dipasang di tiap gerbong.

Kereta ekonomi ber-AC ini rencananya akan dioperasikan untuk jurusan Jakarta-Solo dan Jakarta-Purwokerto dengan tarif yang disesuaikan, mulai 25 Juli mendatang. "Kalau ekonomi kan paling tinggi Rp 43 ribu. Paling sekarang Rp 120 ribu," kata Kepala Hubungan Masyarakat PT KAI Mateta Rizalulhaq, Jakarta, Kamis (19/7).

Selain itu, PT KAI juga akan memberlakukan peraturan baru. Tak akan ada lagi penjualan tiket kereta ekonomi tanpa tempat duduk. Jadi, penumpang berdiri tidak lagi diizinkan, demi kenyamanan penumpang. Tiket yang diberlakukan di antaranya pada kereta api ekonomi Pasundan, Sri Tanjung, Logawa, Tawang Alun, Kertajaya, Gaya Baru Malam, dan Matarmaja.

Peraturan diberlakukan hingga arus balik Lebaran. Sedangkan harga tiket kereta api untuk kelas ekonomi masih berkisar antara Rp 30 ribu hingga Rp 51 ribu tergantung jarak tempuh. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.