Sukses

KAI Tambah 14 Rangkaian Antisipasi Mudik

Untuk mengantisipasi arus mudik Lebaran, Kementerian Perhubungan berencana menambah jumlah rangkaian kereta api sebanyak 14 yang bisa beroperasi setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta: Untuk mengantisipasi arus mudik Lebaran, Kementerian Perhubungan berencana menambah jumlah rangkaian kereta api sebanyak 14 yang bisa beroperasi setiap hari. Menurut Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tunjung Inderawan, 14 gerbong terdiri atas delapan kelas bisnis dan enam kelas ekonomi. "Di puncak arus mudik akan ada tambahan tiga rangkaian kereta baik ekonomi maupun AC," kata Tunjung.

Sementara itu Vice President Communication PT Kereta Api Indonesia Sugeng Priyono mengungkapkan pihaknya akan mengoperasikan 32 kereta tambahan untuk mengangkut penumpang pada saat arus mudik dan balik Lebaran. "Adapun 32 KA tambahan Lebaran beroperasi mulai H-7 hingga H+7 Lebaran untuk KA tambahan ekonomi dan H-5 hingga H+6 Lebaran untuk KA komersial," ungkap Sugeng.

KA tambahan yang dipersiapkan itu adalah KA komersial sebanyak 18 rangkaian dan KA ekonomi 14 rangkaian. Sedangkan proses pemberangkatan KA tambahan disesuaikan dengan kebutuhan di jalur yang bersangkutan. Selain mengoperasikan 32 rangkaian KA tambahan, PT KAI tetap mengoptimalkan operasional KA reguler sebanyak 178 perjalanan. Dengan demikian, KA yang dioperasikan pada Lebaran mencapai 210 rangkaian.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini