Sukses

Demo Petani Hambalang Ricuh

Aksi ratusan petani Hambalang, Bogor, Jawa Barat, yang menuntut Badan Pertanahan Nasional mengembalikan hak atas tanah berakhir ricuh. Hal ini karena pihak BPN belum juga memberikan jawaban pasti soal status tanah seluas 200 hektare.

Liputan6.com, Bogor: Ratusan petani Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Senin (16/7), menuntut Badan Pertahanan Nasional (BPN) mengembalikan hak atas tanah. Demonstran nyaris baku hantam dengan anggota Satuan Polisi Pamong Praja lantaran memaksa masuk kompleks kantor bupati setempat untuk menuju Gedung BPN.

Kekesalan petani semakin menjadi karena tak dapat bertemu bupati. Alhasil, massa dan petugas perang lempar botol mineral. Banyaknya massa membuat pagar Kantor BPN Bogor jebol.

Massa tetap menuntut lahan seluas 236 hektare dikembalikan kepada para petani. Pihak BPN akan mengecek status tanah para petani. Menurut demonstran, di lahan sengketa tersebut kini terdapat kurang lebih 500 warga yang menggantungkan hidup. Bahkan, mereka mengklaim lahan yang menjadi sengketa itu telah digarap turun-temurun sejak 1960.(ASW/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini