Sukses

LSI Akui Survei Didanai Foke-Nara

Peneliti senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Toto Izul Fatah mengakui survei yang dilakukan LSI menjelang Pilkada DKI Jakarta 2012 didanai pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.

Liputan6.com, Jakarta: Lingkaran Survei Indonesia (LSI) mengakui survei yang dilakukan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012 didanai pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.

Peneliti senior LSI Toto Izul Fatah menuturkan sejak awal pihaknya sudah dikontrak pasangan dengan nomor urut satu tersebut sebagai konsultan politik. "Jujur saya katakan biaya dari salah satu calon, saya sampaikan ini demi transparansi. Tidak perlu ditutupi lagi," ujar Toto di Kantor LSI, Jalan Pemuda, Jakarta, Ahad (1/7).

Namun, Toto menjelaskan lembaganya memiliki dua divisi, yaitu divisi survei dan divisi pemenangan. Divisi survei bertugas melihat kondisi lapangan, sementara divisi pemenangan bertugas memberikan strategi kemenangan bagi pada calon.

Dipastikan Toto, dalam bekerja dua divisi tersebut dipisahkan satu sama lain. "Kita tidak ingin bias, karena itu tim riset dan tim pemenangan berbeda yang menanganinya," jelasnya.(ADI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini