Sukses

Hidayat: Jangan Biarkan Air Hujan Terbuang Sia-sia

Calon kandidat gubernur DKI, Hidayat Nur Wahid atau yang akrab disapa HNW mengatakan, program revitalisasi setu (serapan air) sangat penting. Banyak manfaat untuk kepentingan Jakarta dengan adanya setu

Liputan6.com, Jakarta: Calon kandidat gubernur DKI, Hidayat Nur Wahid atau yang akrab disapa HNW mengatakan, program revitalisasi setu (serapan air) sangat penting. Banyak manfaat untuk kepentingan Jakarta dengan adanya setu.

"Sekali lagi bahwa merevitalisasi setu adalah program untuk menghidupkan banyak kepentingan, mengurangi banjir, air bersih, ruang rekreasi dan sekaligus ruang terbuka hijau bagi warga," ujar HNW saat mengunjungi Setu Babakan, Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (17/6) sore.

HNW mengatakan, kunjunganya ke Setu Babakan selain bersosialisasi dengan warga DKI, juga sekaligus ingin melihat kondisi Setu Babakan yang dianggap sebagai setu terbaik di Jakarta. Agar ke depan pengelolaan setu dapat menjadi lebih baik. "Dia harus menjadi rujukan setu-setu yang lain di Jakarta yang ada sekitar 43 setu. Yang operasional hanya 13 saja, yang 30 bermasalah. Kalau ini bisa dijadikan model, ini bisa menyelematkan Jakarta dari mangsa banjir," ujarnya.

Lebih lanjut, HNW mengatakan, sebagian air hujan di Jakarta terbuang sia-sia. Dengan adanya setu-setu di Jakarta, dapat menampung air hujan dari selokan-selokan rumah warga. Sehingga tidak membanjiri warga DKI.
"Dengan penampungan setu, bukan hanya mengurangi banjir, tetapi juga bisa menjadi air PAM atau air bersih. Jadi dengan melihat Setu Babakan ini, nanti akan merevitalisasi lebih dari 30 setu yang ada di Jakarta," ujarnya.

Selain itu, HNW juga berniat akan memperhatikan setu di luar Jakarta, seperti di Depok dan Bogor. Karena air sungai jika semakin banyak dialirkan, aliranya akan semakin kecil. "Nah setu ini bisa menampung air sungai, di daerah bisa menjadi irigasi, selain juga sebagai wisata," tandanya. (ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini