Sukses

Penangkaran Penyu, Lokasi Liburan Alternatif

Tak perlu biaya mahal untuk berwisata sekaligus belajar di tempat penangkaran penyu. Kerap dijadikan lokasi liburan alternatif.

Liputan6.com, Banyuwangi: Liburan telah tiba. Memilih tempat liburan, tidak harus selalu mahal. Ada banyak tempat berlibur yang murah dan penuh dengan edukasi. Satu di antaranya adalah penangkaran penyu milik Wiyanto Haditanoyo di Kelurahan Ketapang, Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur.

Di tempat Wiyanto ada ratusan penyu dengan berbagai spesies. Setiap musim libur, tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama anak-anak. Mereka mengisi liburan sambil belajar mengenal lebih jauh soal penyu.

Fahmi Hidayat, siswa SD yang berlibur di sana, mengaku banyak hal yang bisa dipelajari di tempat penangkaran penyu. Mulai dari membesarkan penyu hingga memberikan jenis makanan pada hewan tersebut. Soalnya tidak semua jenis makanan bisa diberikan pada penyu.

Guru SD Mahmudah mengungkapkan, tak perlu biaya mahal untuk berwisata sekaligus belajar di tempat ini. Itulah sebabnya, penangkaran penyu kerap dijadikan tempat liburan alternatif bagi para siswanya.

Menurut pengelola, nantinya setelah besar penyu yang ada di sana akan dikembalikan ke habitatnya di Pantai Rajikwesi, Taman Nasional Meru Betiri, Sukomade, Banyuwangi.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.