Sukses

Pemkot Depok Terapkan Sehari Tanpa Mobil Dinas

Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, mulai Selasa (12/6), memberlakukan kebijkan sehari tanpa mobil dinas, One Day No Car.

Liputan6.com, Depok: Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, mulai Selasa (12/6), memberlakukan kebijkan sehari tanpa mobil dinas, One Day No Car. Sebagai wujud kesungguhan, Wali Kota Depok Nurmahmudi Ismail bersama semua kepala dinas, camat, dan lurah melakukan sosialisasi dengan naik sepeda motor ke Balai Kota.

Nurmahmudi mengatakan kebijakan One Day No Car ditetapkan berdasarkan rapat dan keputusan bersama Wali Kota dan seluruh kepala dinas dan tertuang dalam surat keputusan Wali Kota. Selain untuk penghematan APBN terkait pelarangan pengunaan BBM subsidi kepada seluruh BUMN dan BUMD, kebijakan sehari tanpa mobil dinas ini juga untuk penghematan energi.

Sejumlah pegawai negeri sipil pun mendukung kebijakan ini dan mengaku untuk penghematan energi. Mereka yakin kebijakan ini akan efektif. Namun demikian tetap saja dipertanyakan keefektifannya. Sebab masih banyak mobil dinas di Pemkot Depok yang berseliweran di jalan.

Begitu juga dengan One Day No Rice yang hanya sekadar kebijakan tapi masih banyak PNS yang makan ansi pada Selasa, hari diberlakukannya Sehari Tanpa Nasi. SCTV bahkan memergoki PNS perempuan sedang memesan nasi soto ayam saat sarapan. Namun dengan gugup PNS itu langsung keluar dari lapak soto dan membantah memakan nasi.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini