Sukses

Tuntut Air Bersih, Warga Sandera Mobil Dinas

Warga Desa Samili, Kecamatan Waho, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, menyadera mobil dinas Pemkab Bima untuk menuntut segera dialiri air dari PDAM.

Liputan6.com, Bima: Sebuah mobil dinas milik pemerintah Kabupaten Bima disandera warga Desa Samili, Kecamatan Waho, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Selasa (12/6). Warga juga menutup akses jalan desa mereka hingga tak dapat dilalui kendaraan umum.

Aksi ini merupakan buntut kekesalan warga karena selama delapan tahun desa mereka tidak mendapatkan aliran air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bima. Warga kesal lantaran mereka kesulitan mencari air bersih bahkan harus melakukan pengeboran sendiri.

Warga kemudian memaksa petugas PDAM yang baru selesai megikuti acara Bualan Bakti Gotong Royong Pemkab Bima memberikan penjelasan dan ikut berorasi. Menurut petugas PDAM, sebenarnya sejak 2004 sebagian warga di desa tersebut telah mendapatkan air bersih. Namun, akibat ulah oknum tidak bertanggung jawab yang memotong pipa, aliran air di Desa Samili bermasalah dan warga tidak bisa mendapatkan air bersih dari PDAM.

Warga akhirnya melepaskan mobil dinas setelah polisi dari Polres Bima didatangkan. Warga mengancam akan kembali melakukan aksi serupa bila dalam dua pekan tuntutannya tak dipenuhi. (APY/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini