Sukses

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Daerah

Beragam kegiatan menarik dirayakan sejumlah daerah pada Hari Kelahiran Pancasila. Perayaan ini diharapkan dapat menghidupkan kembali nilai-nilai luhur Pancasila yang kini kian luntur.

Liputan6.com, Surabaya: Sejumlah daerah di tanah Air memperingati Hari Lahir Pancasila, Jumat (1/6). Peringatan ini diharapkan dapat menghidupkan kembali nilai-nilai luhur Pancasila yang kini kian luntur.

Di Surabaya, Jawa Timur, puluhan siswa SMPK Santo Stanislaus memperingatinya dengan menggelar lomba membaca hafalan butir-butir Pancasila. Hampir seluruh peserta mengaku grogi saat di atas panggung untuk membacakannya. Umumnya mereka takut salah dan menjadi bahan tertawaan rekan-rekannya.

Sementara pelajar di Solo, Jawa Tengah, memiliki cara tersendiri. Mereka menggelar acara mewarnai gambar burung garuda hingga mirip dengan aslinya. Usai mewarnai, para siswa menuliskan butir pancasila yang mereka hafal.

Ratusan pelajar mahasiswa di Lumajang, Jawa Timur, menggelar kegiatan renungan Hari Lahir Pancasila di Stadion Semeru. Kegaiatan ini digelar agar nilai-nilai luhur itu kembali hadir di kalangan muda.

Warga Blitar tak ingin ketinggalan. Mereka menggelar acara grebek Pancasila yang mewajibkan kepada seluruh pesertnya menggunakan baju adat Jawa. Para peserta membawa lima tumpeng yang melambangkan kelima sila dalam Pancasila. Tumpeng lantas dibawa ke Makam Bung Karno dan selanjutnya dibagikan ke warga.(ALI/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.