Sukses

Proyek Ditolak Warga, Bupati Batang Dievakuasi

Bupati Batang, Jawa Tengah, Yoyok Riyo Sudibyo, terpaksa dievakuasi saat mensosialisasikan pembangunan proyek PLTU yang ditolak warga.

Liputan6.com, Batang: Bupati Batang, Jawa Tengah, terpaksa dievakuasi saat mensosialisasikan pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap, Rabu (30/5). Puluhan aparat gabungan sempat kewalahan menghadapi ratusan warga yang memprotes kedatangan Bupati Yoyok Riyo Sudibyo di Desa Ponowareng. Sebab, warga dari tiga desa itu sudah lama menolak wilayah mereka dijadikan sebagai lokasi pembangunan PLTU.

Kekesalan warga makin bertambah saat Bupati Batang tetap saja melakukan sosialisasi kepada warga sehingga kehadiran Yoyok langsung mereka tolak. Keberatan warga sebetulnya sudah diantisipasi polisi yang melibatkan anggota TNI untuk mengamankan sosialisasi pembangunan mega proyek itu. Meski warga menolak, Yoyok beserta investor tetap saja melakukan sosialisasi.

Akibatnya, ratusan warga yang sebagian besar petani dari Desa Ponowareng, Ujungnegoro, dan Karanggeneng, yang datang bukan hendak mendengar sosialisasi, malah menyoraki Yoyok saat berpidato sebelum akhirnya meninggalkan lokasi. Protes warga ini bisa menjadi pelajaran bagi kepala daerah agar mendengar lebih dulu aspirasi rakyat sebelum membuat keputusan.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini