Sukses

Negara Harus Tanggung Jawab Selesaikan Lapindo

Wakil Ketua DPR Pramono Anung mengatakan tak penting lagi mencari siapa yang bersalah dalam persoalan Lapindo. Yang terpenting persoalan semburan lumpur tersebut harus diatasi dengan segera.

Liputan6.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR Pramono Anung menyatakan berlarutnya persoalan lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur, dapat membuat masyarakat makin merugi. Untuk itu, Pram, meminta agar masalah ganti rugi korban dapat segera diatasi sebelum tahun 2014.

"Sebenarnya semakin merugikan bagi kita semua. Perlu upaya sebelum 2014 itu terutama persoalan ganti rugi dan persoalan penempatan orang-orang yang terkena dampak musibah Lapindo ini segera diatasi," kata Pramono Anung di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (29/5).

Menurut Pram pemerintah perlu memikirkan jalur alternatif transportasi umum. Sebab jalan di kawasan lumpur itu kian menyempit. "Saya sering kali lewat jalan ke arah Pasuruan, Probolinggo, dan lain sebagainya. Sangat terganggu dengan kondisi itu," katanya.

Lebih jauh politisi PDI Perjuangan ini mengatakan negara harus bertanggungjawab untuk menyelesaikan masalah ini. Bila negara menetapkan akan membebankannya kepada perusahaan, itu urusan negara. "Dan urusan perusahaan, bukan urusan rakyat," tandas Pram.

Panjangnya proses penyelesaian, lanjut Pram, tidak penting lagi mencari siapa yang bersalah. Baginya yang terpenting persoalan Lapindo harus diatasi dengan segera. "Kan waktu itu memang sudah diambil alih oleh pemerintah, ya," ungkap Pram. (ALI/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini