Sukses

Waduk Malahayu, Irigasi dengan Panorama Indah

Selain digunakan sebagai sarana air irigasi pertanian, Waduk Malahayu di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, juga menjadi tempat rekreasi yang banyak dikunjungi wisatawan.

Liputan6.com, Brebes: Selain digunakan sebagai sarana air irigasi pertanian, Waduk Malahayu di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, juga menjadi tempat rekreasi yang banyak dikunjungi wisatawan. Tempat itu dikenal memiliki panorama alam indah dan situs bersejarah peninggalan kolonial Belanda.

Menara pengontrol air yang menjorok ketengah waduk menjadi penanda peninggalan pembangunan kolonial Belanda tahun 1930-an itu. Perkebunan jati menghampar di sekelilingnya dan menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Di tengah deru mesin perahu, pengunjung bisa berkeliling menikmati panorama alam pegunungan di sekitar waduk. Untuk menumpang perahu, pengunjung mesti merogoh kocek Rp 5.000.

Sambil berperahu pula, pengunjung Waduk Malahayu bisa melihat lebih dekat para pemancing menangkap ikan. Bahkan, mereka juga bisa menikmati ikan bakar hasil tangkapan di pinggiran waduk.

Waduk Malahayu juga mempunyai cerita rakyat bernuansa mitos. Bagi pasangan pengantin baru yang berkunjung harus membasuh muka dengan air waduk, karena dipercaya akan langgeng dalam mengarungi maghligai rumah tangga.(SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini