Sukses

Irma Suryati, Pemberdaya Penyandang Cacat

Meski penyandang cacat polio, Irma Suryati mampu memberdayakan penyandang cacat lainnya untuk dapat berwiraswasta secara mandiri. Ia mampu mengubah pandangan orang terhadap kondisi penyandang cacat.

Liputan6.com, Jakarta: Untuk kategori Kemanusiaan, Liputan 6 Awards memilih Irma Suryati sebagai pemenang. Irma yang merupakan penyandang cacat polio dinilai bisa memberdayakan penyandang cacat lainnya untuk dapat berwiraswasta secara mandiri.

"Kami memang ingin mengubah kondisi yang telah ada. Biasanya penyandang cacat dipandang sebelah mata sebab kondisi umum hanya bisa mengiba. Tidak mau bekerja," tutur Irma di acara penganugerahan Liputan 6 Awards di Gedung Balai Sarbini, Jakarta, Jumat (25/5) malam. "Kami ingin semuanya itu diubah dan ternyata bisa."

Meski kakinya menderita polio, hal itu tidak membuat Irma rendah diri, apalagi malu sama tetangga. Semangat yang luar biasa telah menjadikannya sebagai perempuan tangguh. Ia tak hanya membuktikan diri bisa menjadi tulang punggung ekonomi keluarga, tapi juga sebagai ibu yang baik bagi anak-anaknya. Ia juga dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat sekitar.

Dalam beraktivitas setiap hari, Irma menggunakan satu penahan kaki dari kayu untuk berdiri. Meski begitu, ia tak mau menjadi beban masyarakat dan keluarga.

Irma mendedikasikan penghargaan ini untuk masyarakat sekitar yang tanpa pamrih membantu dalam mewujudkan program-programnya. Ia juga berterima kasih kepada sang suami dan anak-anaknya karena selalu mendukung segala aktivitasnya di tengah kekurangan yang dialaminya.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.