Sukses

Sugiyanto, Peraih Liputan 6 Awards Kategori Pendidikan

Sugiyanto dianggap berjasa membagi kemampuan baca tulis kepada warga pedalaman. Dia juga terus mengembangkan PKBM agar dapat menjangkau daerah-daerah yang belum tersentuh pendidikan.

Liputan6.com, Jakarta: Tindakan inspiratif yang dilakukan oleh Sugiyanto, pendatang di Pulau Buru, Maluku, dengan membentuk Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sari Arum akhirnya membuahkan hasil. Dia dinobatkan sebagai peraih Liputan 6 Awards untuk kategori Pendidikan, Jumat (25/5) malam, di Jakarta.

Sugiyanto dianggap berjasa membagi kemampuan baca tulis kepada warga pedalaman. Dia juga terus mengembangkan PKBM agar dapat menjangkau daerah-daerah yang belum tersentuh pendidikan. Jerih payahnya ini akhirnya ditetapkan oleh 13 orang anggota tim verifikasi sebagai peraih Liputan 6 Awards pada kategori Pendidikan.

"Saya tidak pernah berpikir melakukan ini untuk mencari sebuah penghargaan. Pendidikan adalah sebuah masalah yang sudah lama di negeri ini. Kita harus tergerak sendiri untuk ini, tak perlu menunggu pemerintah," kata Sugiyanto di Balai Sarbini, Jakarta.

Di Pulau Buru, beberapa dusun di pedalaman memang belum memiliki sekolah. Anak-anak, remaja, apalagi orangtua sedikit sekali yang bisa membaca dan menulis [baca: Sugiyanto, Pemberantas Buta Huruf Warga Pedalaman].

Keikhlasan Sugiyanto menjadi satu-satunya harapan warga. Untuk mendanai kegiatan mengajarnya, ia mengembangkan PKBM Sari Arum tidak hanya sebagai ruang belajar, melainkan pula tempat berkarya.

Tanpa banyak bicara, tanpa perlu menunggu kucuran dana, Sugiyanto mampu menunjukkan karya. Karya tanpa tanda jasa.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.