Sukses

Usai Rusuh, Areal Tambang Pulau Buru Lengang

Pascakerusuhan antar warga, suasana di lokasi tambang emas di Perbukitan Samsait, Kabupaten Buru, hingga kini masih mencekam.

Liputan6.com, Maluku: Pascakerusuhan antar warga, suasana di lokasi tambang emas di Perbukitan Samsait, Kabupaten Buru, hingga kini masih mencekam. Areal penambangan yang biasanya dipadati ribuan orang yang mencari emas kini sepi.

Areal tambang emas di perbukitan Wamsait, Kecamatan Waeyapo, Buru, Maluku, kini tampak lengang, Kamis (17/5). Di hari-hari biasanya, tempat ini selalu dipadati ribuan orang yang mencari emas. Kini, yang terlihat hanya sejumlah orang yang bergegas meninggalkan lokasi tambang.

Situasi di sini memang masih mencekam, menyusul terjadinya kerusuhan antar warga pada Selasa lalu. Kerusuhan terjadi akibat sengketa lahan.

Untuk meredam kerusuhan, Bupati Buru Ramly Umasugi menggelar petemuan dengan tokoh-tokoh adat, serta pemuda yang terlibat kerusuhan. Bupati mengimbau agar warga menahan diri.

Kerusuhan yang terjadi Selasa lalu sempat membuat warga setempat dilanda kekhawatiran [baca: Kerusuhan di Lokasi Tambang Pulau Buru]. Sebagian warga  terlihat mempersenjatai diri dengan berbagai senjata tajam, berupa parang dan tombak untuk beraga-jaga membela diri jika terjadi serangan susulan.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.