Sukses

Kapal Vega Membawa Misi Kemanusiaan

Kapal layar kuno berusia 120 tahun asal Norwegia akan menyerahkan bantuan kemanusiaan di pulau-pulau terpencil di Indonesia bagian timur.

Liputan6.com, Jakarta: Sebuah kapal layar kuno berusia 120 tahun asal Norwegia yang digunakan untuk kemanusiaan mengunjungi Indonesia dan bersandar di Pantai Mutiara, Jakarta Utara. Dalam dua pekan, Kapal Vega yang membawa peralatan sekolah serta kesehatan ini akan menyerahkan bantuannya di pulau-pulau terpencil di Indonesia bagian timur.

Sebelas tahun silam, kapal layar pengangkut barang ini ditemukan dalan keadaan sangat buruk di Pulau Kanari, Afrika Utara. Kapal selanjutnya direstorasi oleh sang kapten dan istrinya lalu digunakan untuk tujuan kemanusiaan.

"Apa yang kita lakukan sedikit berbeda dari kebanyakan pemberi bantuan. Kita tak memberi tahu orang apa yang mereka butuhkan melainkan kita menanyakannya. Kita menanyakan kepada guru, paramedis, kepala daerah, apa yang mereka butuhkan untuk menjalankan pekerjaan mereka," kata Shane Granger, nahkoda kapal.

Kapal bersejarah ini masih mengandalkan tali tradisional dan dijalankan secara manual sehingga diperlukan tenaga manusia dan kemampuan melihat arah angin untuk mengatur sembilan layarnya. Dan keaslian kamar mandi tradisonal juga masih dipertahankan. Namun kapal sudah dilengkapi dengan sistem navigasi yang canggih.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.