Sukses

Kabinet Rumania Dilantik

Dalam sambutannya, Perdana Menteri Victor Ponta berjanji mengadakan pemilu yang objektif. Presiden Traian Basescu juga berharap kabinet baru memberikan hal terbaik bagi Rumania.

Liputan6.com, Bucharest: Kabinet baru Rumania dilantik pada Senin (7/5) malam waktu setempat. Dalam sambutannya, Perdana Menteri Victor Ponta berjanji mengadakan pemilu yang objektif.

Adapun Presiden Traian Basescu yang menghadiri pelantikan tersebut meminta kabinet baru melanjutkan langkah-langkah terbaik, terutama dalam reformasi negara. Ia menambahkan, kabinet baru saat ini menghadapi tugas berat, mengingat situasi ekonomi yang tidak stabil di Eropa.

"Saya menyarankan program pemerintah jangka pendek, tapi saya tidak menyembunyikan niat Uni Liberal Sosial untuk memenangi pemilu berikutnya dan mendapatkan mandat empat tahun," kata Ponta.

Menurut Ponta, setelah pemilihan umum, Partai Sosial Demokrat akan bekerja dengan lebih fleksibel dan lebih demokratis untuk mengamankan masa depan pembangunan negara.

Adapun kabinet Ponta saat ini terdiri dari 16 kementerian dan empat menteri delegasi, dengan wakil perdana menteri yang juga menjabat sebagai menteri keuangan. Dibandingkan dengan kabinet sebelumnya, perubahan utama pada administrasi Ponta adalah dengan adanya tambahan empat menteri delegasi.

Ponta (40), telah menjadi presiden dari Partai Sosial Demokrat sejak 2010. Ia juga menjadi wakil ketua dari bekas partai oposisi Social Liberal Union, yang kemudian membentuk Partai Sosial Demokrat, Partai Liberal Nasional dan Partai Konservatif.

Ponta telah ditunjuk sebagai perdana menteri baru di negara itu oleh Basescu pada 27 April silam. Terutama, setelah mosi tidak percaya menggulingkan masa pemerintahan singkat yang dipimpin oleh mantan kepala intelijen Mihai Razvan Ungureanu.(TNT/ANS/Xinhua)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini